Dasar Konfigurasi BGP+MPLS

      Hemm,,.darimana ya jelasin BGP dan MPLS ini, Sebaiknya kita mulai membahas dari perangkat yang memenuhi, aplikasi yang tepat, dan yang terakhir bagaimana tahapan pembuatan BGP + MPLS.

Perangkat :

Alat-alat yang dibutuhkan adalah Laptop atau PC (Komputer) yang memiliki spesifikasi sebagai berikut: Ram minimal 2 GB dan maksimal terserah anda yang penting  jangan dibawah itu.  Itupun menurut kita berdasarkan pengalaman pribadi. Adapun solusi jika laptop/komputer anda hang pada saat digunakan ataupun not responding sebaiknya anda menggunakan GameBooster untuk mematikan semua proses selain pekerjaan anda. Aplikasi yang akan kita pakai adalah GNS3 yang cukup berat dijalankan pada laptop ataupun komputer yang memiliki spesifikasi dibawah rata-rata.

Aplikasi :

Aplikasi yang akan kita pakai untuk tutorial BGP+MPLS ini adalah GNS3. Mungkin ada yang belum mengenal tentang GNS3, tapi mungkin sudah mengenal PacketTracer. Apa beda keduanya?mari kita bahas bersama.
GNS3 adalah network simulator grafis yang memungkinkan simulasi jaringan yang kompleks menggunakan Cisco (Router dan Firewall) atau Juniper. GNS adalah program open source, program ini gratis dan dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan MacOS X. GNS3 mengemulasikan Cisco IOS dan JUNOS Juniper sehingga kita dapat memeriksa konfigurasi sebelum diterapkan pada Router yang sesungguhnya.
Komponen-komponen GNS3 yaitu:
  • Dynamips,yaitu program inti yang memungkinkan emulasi Cisco IOS.
  • Dynagen, front berbasis teks-end untuk Dynamips.
  • Qemu, mesin generik dan open source emulator dan virtualizer.

GNS3 ini sangat berguna untuk membantu seorang yang berprofesi sebagai Network Engineer untuk bereksperimen membangun jaringan menggunakan virtual lab di GNS3 sebelum diimplementasikan di lapangan. GNS3 juga alat yang sangat baik untuk membantu orang-orang yang ingin lulus sertifikasi seperti CCNA, CCNP, CCIP, CCIE, JNCIA, JNCIS dan JNCIE.

Fitur-fitur yang didukung GNS3 antara lain:
  • Desain jaringan kualitas tinggi dan topologi jaringan yang kompleks.
  • Mengemulasikan berbagai platform Cisco IOS router, IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS.
  • Simulasi Ethernet sederhana, ATM dan Frame Relay switch.
  • Koneksi antara jaringan simulasi dengan jaringan yang sesungguhnya di dunia nyata.
  • Capture packet menggunakan Wireshark.
Pengguna GNS3 harus menyediakan IOS sendiri / IPS / PIX / ASA / JUNOS untuk digunakan dengan GNS3. Oleh karena itu bagi yang tidak memiliki IOS silahkan download sendiri IOS apa yang dibutuhkan.
Perbedaan dengan packet tracer walaupun packet tracer dan GNS3 sama-sama keluaran dari Cisco adalah tidak adanya fitur perangkat untuk simulasi frae relay.

Install GNS3


Tinggal di next aja,,saya percaya anda IT yang handal, pasti mengerti cara instal menginstal software. Untuk penambahan IOS. Pilih ....setelah selesai kita perlu untuk melakukan test pada Dynamips untuk mengetahui succes test yang artinya semua perangkat siap disusun dan dimulai untuk konfigurasi.


0 komentar:

Posting Komentar